Pa Tugi yang rajin bersih-bersih untungnya cepet tanggep. Dibersiin akuariumnya saaaaampe bening airnya. Ikan bawalnya dipaksa masuk ke wadah plastik ceper. Akhirnya pas dibalikin ke akuarium ada yang berenang terbalik....stres... Ngga berapa lama ikannya balik lagi berenang seperti semula. Tapi sebelum ikan bawalnya mangsa ikan kecil-kecil akhirnya digoreng deh semuanya :D nasibnya tragis di perut org-org lapar...soalnya ikannya digoreng pas bulan puasa. Tajil yang biasanya martabak jadi ganti bawal akuarium... :)
Minggu, 19 Desember 2010
ikan bawal puyeng
Pa Tugi yang rajin bersih-bersih untungnya cepet tanggep. Dibersiin akuariumnya saaaaampe bening airnya. Ikan bawalnya dipaksa masuk ke wadah plastik ceper. Akhirnya pas dibalikin ke akuarium ada yang berenang terbalik....stres... Ngga berapa lama ikannya balik lagi berenang seperti semula. Tapi sebelum ikan bawalnya mangsa ikan kecil-kecil akhirnya digoreng deh semuanya :D nasibnya tragis di perut org-org lapar...soalnya ikannya digoreng pas bulan puasa. Tajil yang biasanya martabak jadi ganti bawal akuarium... :)
Jumat, 17 Desember 2010
hari anak nasional
Mobil berhenti tepat di depan istana anak. Di sana marching band dah siap beraksi. Gw ga bawa tanda pengenal dari Kemensos. Itu kan buat Kemensos tp hw bawa ID dr tempat gw. Wah, dah nego2 ga bisa masuk juga kalo ga pk pengenal :( wah, alamat sia-sia gw dateng. Ya udah seadanya aja, mana batere hape gw lowbat ga bisa nelpon org yg nyuruh gw. Dateng sama 2 anak magang juga jd ga bisa buat banyak.
Sejam kemudian sirene iring-iringan mulai kedengeran. Wartawan semua ambil posisi PW dari arah datang presiden. Anak-anak yang baris dengan ibu-ibu dan guru-gurunya mendadak ikutan maju-maju ke arah depan. Ingin berdiri di barisan terdepan. Posisi g
Akhirnya mobil presiden dateng, SBY pake mobil tamasya gt yang kebuka sampingnya. Tiba-tiba semuanya berebut maju! Ibu-ibu, anak-anak, wartawan yang mau moto juga ikutan karena posisi jadi ga bagus untuk ambil gambar. Berantakan abis. Desek-desekan. Gw dimana? Ikutan majulah jadinya. Jepretan gw juga ga bagus. SBY sama ibu Ani keburu diajak ke Istana Anak. Wah! Alamat gw ga dapet apa2 dong. Ada pager tinggi yang dijaga paspampres plus logam detektor nangkring di pintu masuk.
Semua orang juga ikutan meringsek mau ke arena istana anak. Di dalem area emang ada ibu-ibu dan anak-anak yang udah diskrining (istilah gw lah) sebelum SBY dateng. Karena banyak yang mau masuk, akhirnya orang di luar ga boleh lagi masuk. Yang boleh masuk cuma wartawan dengan ID pers utk hari itu.
Gw yang pas bgt udah di depan pintu di stop. Di balik pager, pemeriksaan ID dan detektor logam dah nunggu. Di belakang gw wartawan TV juga belum boleh masuk, padahal dia bw ID. Pas pintu dibuka gw nyelip aja masuk lolos juga karena yg diperiksa sekumpulan wartawan, main puku rata boleh masuk aja, hehehe, pas juga gw pk batik, dress codenya itu. Di dalem, setelah liat anak-anak main gamelan dan wayang (ada dalang cilik), acara selanjutnya penanaman pohon.
Wah, dasar ga jodoh, gw malah deket ma bu Ani, SBYnya nanem di waktu yang sama di kerumunan sebelah, anak magang 2 org ga bisa masuk jd gw hunting sendiri. Hehehe, ga mikir gw ambil SBY. Lupa gw! Dr sekian byk jepretan asal, ga ada momen yang pas buat ditampilin.... Ah dasar iseng doang gw, ga dapet momen yg gw perluin.... Oh iya, ibu Herawati Budiono kan jarang gw liat, jd yg gw masukin foto dia aja :) itu...yg baju biru muda... (sayang bek-lait fotonya, namanya jg amateur eheuheuheu...)
Btw, pak SBY emg ngebuka ring pengamanannya waktu itu, jadi deket bgt sama anak-anak yg mau salaman. Yah, meski ga liat, pantes aja ada anak ditoyor, tkt anaknya mau sabotase sang presiden kali ya....
Rabu, 28 Juli 2010
berita teroris
Dalam penggerebekan itu hanya Munawaroh yang selamat. Dia ditemukan masih hidup dalam pelukan suaminya, Adib yang telah tewas. Munawaroh saat itu tengah hamil 3 bulan. Akhirnya, Munawaroh melahirkan seorang anak yang diberi nama Ahsan.
Pada 29 Juni 2010 lalu, JPU telah menuntut mantan guru Taman Pendidikan Alqur'an di Pesantren Al-Kahfi Mojosongo itu selama 8 tahun penjara. Dia dituduh telah memberikan bantuan dan menyembunyikan pelaku tindak pidana terorisme, sehingga dijerat dengan Pasal 13 huruf b Undang-Undang Terorisme jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.
Seperti simalakama. Menurut suami tapi masuk penjara. Kalo udah bicara soal keyakinan jadi ga bisa ngomong apa-apa. Gw sendiri ngga punya ilmu banyak soal agama. Setau gw jadi istri ya sebaiknya nurut suami, kalo suami meyakinkan apa yg dilakukannya jihad, istri soleh mana yg ngga nurut. Tapi apa mereka-istri-istri yg soleh- itu tidak cuma dimanfaatkan ya? Ada juga yang ditinggal setelah punya anak. Mereka berjuang sendiri untuk hidup dan masa depan anaknya. Apa jihad suami yang jadinya meninggalkan anak istri dengan tidak tanggungjawab-menurut gw-itu bisa dibenarkan? Gw pikir perempuan-perempuan itu pasti ingin punya kehidupan yang 'samawa' dan tentunya masuk surga. Sebegitu beratkah-yang gw liat-pengorbanannya?
Gw cuma nulis apa yg ada di pikiran gw. Bukan berarti juga perempuan-perempuan itu merasa tersiksa dengan keadaan itu. Mereka ga pernah cerita sekalipun. Kenal gw juga ngga. Mungkin mereka tetap bahagia, walau begitu. Gw emang ga tau apa-apa soal mereka. Tapi ini yang ada di pikiran gw. Semoga sodara gw dimanapun mereka berada...selalu bahagia...amiin... :)
Senin, 12 Juli 2010
sukralosa, pemanis buatan
Sukralosa juga pemanis buatan. Ia ditemukan pada 1976. Tingkat keman
isannya sekitar 600 kali gula meja biasa alias sukrosa. Ada sumber yang menyebutkan, sukralosa 3-3,3 kali lebih manis dibandingkan aspartam dan 2 kali lebih manis dibandingkan sakarin. Gambar yang disamping nunjukkin susunan kimianya.Nama IUPAC : 1,6-Dichloro-1,6-dideoxy-β-D-fructofuranosyl-4-chloro-4-deoxy-α-D-galactopyranoside
Formula molekulna : C12H19Cl3O8
Dalam tubuh, ia tidak terpecah menghasilkan energi jadi ga ada kalori yang dibentuk juga. Stabil di suhu panas. Jadi bisa dipake untuk masak atau buat roti atau buat masakan lain yang butuh gula tanpa keilangan rasa manisnya. Beda dengan aspartam yang ngga cocok untuk buat roti atau nge-bake (halah gw!). Dalam kondisi pH tinggi atau suhu tinggi, aspartam ga stabil. Ia terpecah menjadi asam amino. Apa itu yang bikin pait ya?
Di Amerika, FDA (food drugs administration) menyetujui penggunaannya untuk gula meja pada 1998. Sepuluh taun kemudian, tidak kurang dari 80 negara menyetujuai pemakaiannya.
Ini dari berbagai sumber di internet, gw kepikiran buka gara2 liat tentang produk pemanis buatan di Indonesia. Gambar diambil di wikipedia.
Apa sukralosa dianjurkan untuk yg diabetes?
Selasa, 06 Juli 2010
kreatip abis!
Iseng-iseng kartunya gw bolak-balik. Ternyata lumayan juga yang rajin tiap bulan kirim. Setia juga menunggu rupanya. Susan jg ikut2an nangkring *kakinya emang di atas kursi* di sebelah. Dia ngincer prangko seri piala dunianya. Rebutan sm bu Min tuh. Kalo lewat bu Min pasti dah ga dapet. Jadi dia wanti2 minta dicopotin. Gara2 lengket di bela-belain kartuposnya ditetesi air minum. Bisa juga, tapi robek dikit. Wah iseng-iseng ada manfaatnya juga ya. Kan tiap bulan dapet kartupos.
Pas liat-liat kartupos yang lain....wah macem-macem. Bukan dari pos Indonesia aja. Sampe ada yang dari kertas manila! Hehehe, kreatiiiiiip! Dulu juga ada yg kreatif pk prangkonya cuma nempelin bunga doang, tapi lolos dicap sama tukang pos. Huah, tukangposnya ngantuk. Tapi kesian juga kali :P
Jumat, 21 Mei 2010
ternyata pengumumannya sudah keluar
Kalo ngomong soal protes, kmrn2 juga pernah baca soal penjurian foto. Yang ngga sesuai tema ternyata jadi juara 1. Puluhan komen 'pait' muncul di bawah pengumuman pemenang. Ah, ternyata sudah biasa rupanya....ada yang tidak terima....Kalo gw? Hehehhehe, gw masih hepi :P yuk, ah, lanjut baca prasasti....gw belum sampe jaman sebelum masehi nih....