Senin, 20 Desember 2010

grumichama, kerabat jambu biji

Namanya aneh ya? Grumichama. Sayang, foto gw ilang bersama card yg gw simpen di dompet gara-gara kecopetan. Belum sempet gw transfer. Fotonya diambil dari buah asal kolektor yang dibawa ke kantor. Sempet nyicip. Rasanya enak :) teksturnya mirip duwet alias buah jamblang. Tapi ini bentuknya bulat bundar tidak seperti duwet yang lonjong. Warnanya sama, ungu kehitaman (tapi grumichama ada juga sih yang kuning). Rasanya manis :) enak bgt. Ukurannya juga lebih kecil dari duwet, mungkin cuma sepertiganya.

Kalo liat fisiknya, yang paling pertama keliatan mirip jambu itu kelopaknya. Mirip bgt sama jambu. Ternyata memang anggota famili Myrtaceae. Tapi lebih deket lagi sama beach cherry Eugenia reinwardtiana, namanya aja Eugenia brasiliensis.

Nih, ada sedikit keterangan dari fruitipedia.com, kira-kira isinya seperti ini:
Nama lainnya cherry brazil atau cherry spanyol. Tingginya mencapai 45 kaki. Daunnya berlilin warna hijau tua. Tanaman bisa dipangkas (sama kan kaya beach cherry yang gampang diatur) agar memudahkan pemanenan jadi tingginya masih bisa dicapai tangan. Di Hawai, tanaman iu berbuah di ketinggian 300-2.000 kaki. Tanaman dewasa yang berbunga katanya mirip dengan cherry jepang. Bunganya memiliki 4 petal (kelopak) dan berwarna putih dengan 100 stamen berwarna putih dan anther (ujungnya stamen) kuning. Buahnya berkulit rapuh (lebih tipis dari anggur). Aromanya mirip jaboticaba Myrciaria cauliflora.
Betul bgt! Hiya, mirip!

Satu buah ada 2-3 biji. Nah, bijinya udah coba gw tanem di pot. Musim hujan kayak gini banyak bgt biji-bijian yang berkecambah. Harusnya mah sukses nih kalo gw tanem. Ternyataaaa, luuuuuaaamaaaa bgt itu biji ngga berkecambah.

Gw pake media tanem yg udah jadi campuran kompos, pupuk kandang , ma tanah, kecampur tanah merah lagi (sengaja sih gw tambahin :D hehehe, ga ada media lagi). Kebayang kan campuran tanahnya padetnya gmn. Ternyata kurang cocok. Tetangga gw juga ternyata dapet bijinya. Wah, dia pk media sekam bakar. Ringan abis. Hasilnya lebih cepat tumbuh. Kalo diitung-itung udah 3 bulanan itu kecambah br nongol. Lama juga ya? Taneman gw sekarang baru berdaun 4 lembar. Yang punya tetangga gw juga ga beda jauh sekitar 6 lembar. Kita liat aja ya, kata sang kolektor 7 tahun bisa setinggi 1,5m aja. Sabaaar....gw cuma ngarep taun depan gw dapet rumah yg ada halamannya, amiiiin....biar taneman gw bisa tumbuh di tanah pekarangan gw sendiri amiiiiiiiiiiiiiiiiin....

1 komentar:

  1. Salam sukses buat semuanya...
    Hayo siapa ingin menanam pohon grumichama saya punya bibitnya udah besar tanpa menunggu lagi menanam dari biji lihat aja di www.pohon-langka.blogspot.com ato hub. HP. 081.2300.9349 bagi yang pingin menanam aja ya....
    Sukses selalu

    BalasHapus