Minggu, 19 Desember 2010

mempercepat masa remaja manggis

Yang ini foto hasil jalan-jalan ke kebun percobaan IPB di Ciomas. Di sana ada tanaman manggis yang diperbanyak dengan sambung pucuk. Manggis kan dikenal pertumbuhannya lambat, bisa disambung pucuk aja batang bawahnya harus umur setahunan. Di kebun itu, ada pohon hasil tanam biji ada juga yang hasil sambung. Yang hasil sambung juga ada yang asalnya pucuk lateral sama ada yang pake pucuk horizontal (CMIIW!).

Pohon yang ditanam dari sambung pucuk lateral hasilnya juga jadi kebawa miring pertumbuhannya. Kalau yang dihasilkan dari biji atau sambung pucuk yang horizontal, pohonnya tumbuh tegak, nah, yang dari pucuk lateral menyesuaikan arah pertumbuhan awalnya jadi ikutan miring deh... Hehehe, kalau mau buat taman pake topiari kali biayanya tinggi tuh, pembentukannya juga kan ga alami perlu perawatan di awal supaya arah pertumbuhannya sesuai seperti yang diinginkan. Nah, kalau pk yang ini gimana? :D Unik kan, tapi ya sabar-sabar aja, tanaman yang dilihat itu udah 10 tahunan lebih.

Manggis emang pertumbuhannya luaaaambaat bgt, tapi peneliti Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Solok, Sumatera Barat, M. Jawal Anwarudin Syah, Firdaus Usman, dan Titin Purnama udah berhasil membuktikan kalo percepatan masa remaja pertumbuhan manggis bisa dipercepat dengan menggunakan teknik akar ganda. Jadi manggis yang tumbuh dari biji setelah keluar 2 daun disambung dengan tanaman manggis ukuran serupa jadi punya kaki 2.

Dalam percobaan, tahun pertama memang pertumbuhannya terhambat. Ruas pendek, sosok kerdil. Tapi tahun kedua, pucuk lateral yang terbentuk jauh lebih banyak dari tanaman yang tidak memiliki sistem perakaran ganda. Kan akar jadi 'sarana' mengambil makanan, otomatis akar banyak maka makanan yang diambil pun banyak. Nah, setelah pucuk lateral telah mencapai 15-16 pasang berarti tanaman manggis siap dibuahkan. Tinggal pakai perlakuan pupuk K untuk merangsang pembuahan. Penjelasannya terlalu singkat? Bisa tanya tuh ke Balitbu, Solok, yah sekalian jalan-jalan lah ke Sumatera :D

Foto yang dipake foto gw loh, kalo keterangan tentang penelitiannya gw liat di internet. Tidak bermaksud mengkopi utk tujuan komersil.

1 komentar:

  1. Berkali kali saya baca postingan ini... Menarik... Adakah foto pohon yg disambung dg cabang autrotof..

    BalasHapus